Vaksin ILT

Infectius Laryngotrcheitis (ILT) adalah penyakit yang disebabkan oleh herpes virus dan merupakan penyakit akut yang sangat menular.

Gejala klinis penyakit tersebut seperti sesak nafas, batuk dan ngorok kemudian diikuti oleh keluarnya air mata dan konjungtivitis.

Sedangkan untuk gejala akut biasanya muncul seperti bersin, batuk dan ngorok yang terjadi 5 - 12 hari setelah tertular.

Untuk mendiagnosa penyakit ini, kita dapat melihat gejala klinis yang khas seperti ditemukannya bercak darah pada mulut atau paruh ayam, dahak berdarah di dinding kandang atau menempel pada kawat pemisah (pen), adanya exudat berwarna kuning di saluran trakea.

Untuk pencegahan ILT biasanya ayam tersebut di beri vaksin ILT dengan cara tetes mata ataupun dengan cara melarutkannya dengan air minum. Namun pada umumnya setelah melakukan vaksinasi ILT, seringkali muncul gejala gangguan pernapasan yang merupakan efek dari iritasi saluran pernapasan akibat vaksin ILT tersebut

Salah satu cara untuk menghindari ketidaknyamanan ayam akibat pemberian vaksin ILT, sebaiknya satu hari pada saat vaksinasi dan tiga hari setelah vaksinasi dibeikan air minum ditambah vitamin yang mengandung parasetamol, vitamin C dan Sorbitol. Setelah itu berikan antibiotik untuk menghindari gangguan pernapasan. Dengan pemberian vitamin dan antibiotik seperti tersebut ayam yang di vaksinasi dengan vaksin ILT, tetap nyaman dan menghasilkan efek kekebalan yang maksimal

Comments

Popular posts from this blog

72 Iblis dari buku Goetia

Pengalaman ku bersama Baidu

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com