SUKU MAYA INDONESIA


SEJARAH SUKU MAYA

Maya Kuno  

Manusia pertama mencapai Amerika Tengah diyakini sekitar 15 ribu tahun yang lalu. Budaya pertama yang diidentifikasi adalah Clovis. Peralatan yang digunakan masih dari batu. Peralatan ini juga ditemukan di Guatemala pada tahun 9000 SM.
Pada sekitar 8.000 SM Iklim mulai menghangat dan es mencair. Dari tahun ini sampai 2000 SM penduduk Amerika Tengah menggantungkan hidupnya secara agraris.

Periode Praklasik Suku Maya Kuno

Pada masa tahun 1500 SM sampai 300 M, populasi suku Maya kuno berkembang pesat seiring pertumbuhan kota besar dan perkembangan bahasa Maya. tlisan yg digunakan saat itu adalah gambar dan simbol
sejak 300 SM - 300 M, terjadi peningkatan populasi dan perkembangan luar biasa dalam bidang arsitektur, kalender dan sistem tulis-menulis diseluruh tanah suku Maya kuno. Kota-kota besar seperti El Mirador, Kaminaljuyú, Río Azul dan Tikal juga dibangun pada masa ini.

Periode Klasik Suku Maya Kuno

300 M - 900 M di sebut sebagai periode klasik . Suku Maya kuno makin menyempurnakan sistem kalender serta bahasa tulis. Mereka juga meruntuhkan bangunan dan kuil lama, untuk kemudian membangun kuil dan bangunan baru diatasnya.
Sekitar tahun 400 M, peradaban suku Maya kuno sangat dipengaruhi oleh peradaban Teotihuacan, suatu peradaban terkuat di Meksiko Tengah.
Sekitar tahun 650 M peradaban Teotihuacan runtuh. suku Maya kunopun mencoba mengatasinya dengan mengembangkan seni, astronomi dan agama.
Di bidang astronomi, suku Maya kuno telah mampu mengukur orbit benda langit dengan akurasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Suku Maya kuno juga mampu meramalkan gerakan Venus ke tingkat presisi hanya setara dalam beberapa kali. Dan suku Maya kuno juga menciptakan karya-karya seni besar dalam bentuk gerabah dan batu giok.
Pada tahun 750 M, muncul masalah yang memicu runtuhnya peradaban ini. Sejumlah teori menduga masalah dipicu oleh perubahan iklim tropis atau kekurangan bahan pangan.
Apapun itu, yang jelas pada tahun 830 M, pembangunan kota terhenti. Beberapa kota di Belize dan Yucatan sempat bertahan lebih lama, namun di Guatemala penduduk berangsur-angsur meninggalkan kota untuk tinggal di dataran yg lebih tinggi

PERADABAN BARU SUKU MAYA

Akhir - akhir ini, SUKU MAYA di kabarkan mulai muncul di Indonesia. Tapi yang anehnya lagi mereka bukan meramal kiamat men.... malahan mereka membagi - bagikan uang kepada rakyatnya dengan cara mengadakan sayembara.
GAK PERCAYA???.......


Comments

Popular posts from this blog

72 Iblis dari buku Goetia

Pengalaman ku bersama Baidu

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com