floating market lembang

floating market lembang

floating market atau pasar terapung adalah sebuah pasar yang semua aktifitasnya dilakukan diatas air dan biasanya menggunakan perahu. floating market yang paling terkenal di indonesia berada di kalimantan selatan yaitu pasar terapung muara kuin dan pasar terapung lok baintan. Di sumatera juga ada pasar terapung yaitu pasar terapung langkat. Di bangkok juaga ada pasar seperti ini, namanya The Damnoen Saduak Floating Market atau Pasar Terapung Damnoen Saduak. 
Bagi kalian yang berlokasi di bandung atau sekitarnya tak perlu pergi jauh jauh ke kalimantan, sumatera ataupun thailand karena pasar terapung sudah dibuka di daerah lembang.
Pada awalnya tempat ini merupakan danau yang biasa dipakai pemancingan, namanya situ umar. Namun kini situ umar telah berubah fungsi menjadi tempat wisata yang aduhai mantepnya. di sekeliling dibuat saung-saung dan jalan setapak. Di bagian depan ada deretan rumah joglo yang terbuat dari kayu yang berfungsi sebagai toko suvenir, ada beberapa rumah terapung di sekitar danau yang bisa disewa untuk berbagai macam kegiatan. Nah yang paling utama adalah penjaja makanan diatas perahu (yaiya lah namanya juga floating market...!!!). Setiap perahu menjual jenis makanan yang berbeda beda. Nah itulah sekilas tentang floating market yang ada dilembang.
Jika kalian ingin mencobanya silakan ikuti jejak saya yang pernah menikmati indahnya floating market, oke cabuuuuut mang......
Tepatnya hari minggu tanggal 13 oktober kami berencana wisata ke floating market lembang. Menimbang dan menimbang untuk menuju lokasi sana pasti macet maka kami memutuskan untuk berangkat jam 4 sore dari cimahi karena kami memdapat info bahwa jam operasional untuk hari biasa buka dari jam 09.00 - 18.00 dan untuk hari libur buka dari jam 09.00 - 20.00. Namun walaupun kami berangkat sore tetep aja terjebak macet, akhirnya kami sampai jam 06 sore....
yah udah agak gelap deh... tapi gak apalah yang penting happy...
Untuk mencapai lokasi patokan kita adalah grand hotel lembang karena tempat ini letaknya pas dibelakang grand hotel. Untuk mencapai tempat ini kita harus muter dulu melewati pasar lembang dan balik arah menuju bandung dengan jalan searah jl grand hotel. kalian tak perlu khawatir nyasar karena sudah banyak rambu rambu yang dipasang untuk menuju tempat ini.
gerbang masuk floating market lembang

Setelah tiba di lokasi, akan terlihat pos satpam dan setelahnya pos pembayaran tiket. Pengunjung akan dikenakan tiket Rp. 10.000 per orang dan untuk parkirnya dikenai tambahan Rp. 5.000.
tiket masuk floating market lembang
Untuk masuk area ini ada beberapa pintu masuk namun kami memutuskan masuk melalui gerbang utama karena gerbang ini lebih dekat menuju pasar terapungnya.
tiketnya bisa dituker dengan minuman loh....
penukaran tiket dengan minuman di floating market lembang
Oh iya, sistem pembayaran di tempat ini menggunakan koin, jadi kita harus tuker uang dulu dengan koin. Pecahan koinnya 5000, 10.000, 50.000 dan 100.000.  Lokasi penukarannya banyak koq, jadi gak perlu kwatir
tempat penukaran koin floating market lembang

Nih ada koin sisa 5000. Emang bener kata iklan "lima ribu dapet apa ya???", ternyata ditempat ini tidak ada harga yang 5000. Minimal harga 10.000.
alat jual / koin floating market lembang
Nah untuk tempat jualannya mereka berdagang diatas perahu di tepi danau, jadi kita belinya dipinggiran danau saja.... wkwkwkkwk..
floating market lembang

floating market lembang

floating market lembang

floating market lembang

floating market lembang
Setelah kalian pesan makanan dan membayarnya kalian bisa makan ditempat yang disediakan seperti tempat duduk terapung ataupun di koridor seperti yang kami lakukan
tempat makan floating market lembang

tempat makan floating market lembang

koridor floating market lembang

koridor floating market lembang

Nah itulah cerita saya waktu mengunjungi floating market lembang. Jangan lupa ya tempat ini kalo hari libur buka dari jam 09.00 sampai jam 20.00 , sementara kalo hari biasa buka dari jam 09.00 sampai jam 18.00 saja.






Comments

Popular posts from this blog

72 Iblis dari buku Goetia

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com

Pengalaman ku bersama Baidu