Skip to main content

Republik Lang Fang

Republik Pertama di wilayah indonesia

Halo bro n sis ....
tahukah kalian bahwa lama sebelum Republik Indonesia berdiri ada sebuah republik di wilayah indonesia yang sudah berdiri?...

Bendera langfang
Adalah Republik Lang Fang, berdiri pada tahun 1777 di wilayah kalimantan barat. Lang Fang berasal dari sebuah kongsi tambang orang Tionghoa, pada saat itu mereka masih membayar upeti tanda tunduk kepada Kesultanan Sambas dan Mempawah di Kalbar, tapi sehari-hari mereka sangat otonom.


Pendiri sekaligus Presiden pertama Republik Lang Fang adalah Lo Fang Pak, dia yang berjasa menyatukan puluhan ribu orang Tionghoa yang saat itu berburu emas sampai ke Kalimantan Barat. Hebatnya, Republik Lang Fang saat itu sudah membangun jaringan transportasi, punya kitab undang - undang hukum, menyelenggarakan sistem perpajakan, mengembangkan sistem pendidikan, pertanian dan pertambangan, bahkan punya ketahanan ekonomi berdikari, lengkap dengan perbankannya.

Republik Lang Fang juga sangat disegani karena kemampuannya mengusir buaya di muara Kapuas. Bahkan setelah sukses membantu Sultan Kun Tien dalam perang melawan Kesultanan Mempawah dan kelompok Dayak, seluruh orang Tionghoa memilih berlindung pada Republik Lan Fang, termasuk Sultan Kun Tien sendiri. Berbagai referensi juga menyebut kalau Lan Fang memiliki hubungan perdagangan yang disebut dengan segitiga emas. Yakni, menghubungkan antara Lan Fang, Tiongkok, dan negara di Semenanjung Malaysia, hingga Vietnam.

Setelah 47 tahun berdiri dan tercatat punya 10 Presiden yang dipilih lewat Pemilu, akhirnya pada tahun 1884 Republik Lan Fang takluk di tangan penjajah Belanda. Sebagian orang yang tidak mau dijajah akhirnya melarikan diri hingga ke Singapura dan melanjutkan pembangunan. Salah satu yang merupakan keturunannya adalah mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew.

Comments

Popular posts from this blog

72 Iblis dari buku Goetia

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com

Pengalaman ku bersama Baidu